True-LoveJanda biasa dimaknai perempuan yang bercerai, baik cerai hidup maupun cerai mati. Dengan demikian menjanda berarti hidup sebagai janda. Status janda yang disandang seorang perempuan pada umumnya tidak diinginkan mereka, tetapi terjadi sebagai akibat dari sekian peristiwa dan proses yang memang harus dialaminya.True-Love

Kita menjumpai banyak janda yang segera menikah kembali setelah semua hal perceraian beres dan kita juga menjumpai para janda yang tak menikah-menikah lagi, bahkan sebagian mereka ada yang sampai nenek-nenek. Perbedaan masa menjanda tersebut tentunya juga membawa akibat-akibat problematika yang berbeda-beda pula sebagai akibat dari penyebab-penyebab yang berbeda-beda pula sebagai akibat dari penyebab-penyebab yang berbeda-beda pula. Tetapi pada umumya mereka memiliki kesamaan terlalu sering hidup dalam sunyi, sepi, dan kesepian, walaupun dengan tempo dan kadar yang berbeda-beeda.

Perasaan sunyi, sepi, dan kesepian biasanya merupakan akumulasi dan puncak dari peristiwa-peristiwa psikologis yang dihadapi seorang janda, seperti peristiwa pengamatan, tanggapan, fantasi, perasaan, pikiran, dan kemauan.

Selain karena peristiwa-peristiwa psikologis tersebut, sunyi, sepi, dan kesepian yang dialami para janda juga dipicu karena banyaknya persoalan-persoalan hidup yang dihadapinya seperti persoalan seksualitas, persoalan ekonomi, persoalan sosial, persoalan anak-anak dan persoalan anak-anaknya.

Faktanya ketika seorang janda diatas ranjang sendirian, memandang langit-langit-langit, pikiran menerawang, sementara udara dingin bersama rintik suara hujan di genting rumah, sesaat terlintas kehangatan ketika tangan hangat seorang pria memeluk tubuhnya tanpa busanya bersama sensasi pada bibir yang terus berpagutan dan sensasi luar biasa dari kemaluannya karena sebuah benda keras lunak keluar masuk, dia terus memejamkan matanya, melambung hingga dengan teriakan ah…. dia tersadar, dia tersentak, ternyata dia sendiri, ternyata entah sudah berapa lama dia hidup dalam sunyi, sepi, dan kesepian.

Untuk mengatasi-mengatasi kesepian tersebut maka langkah terbaik adalah segera menikah. Karena dengan menikah seorang janda akan akan mendapatkan teman yang dapat membantunya mengusir sunyi, sepi, dan kesepian serta persoalan-persoalan lainnya.

Penuturan di atas cukuplah untuk meyakinkan bahwa hidup menjanda berpotensi besar menghadirkan kehidupan yang sunyi, sepi, dan kesepian. Karenanya menjadi salah satu penyebab dari sekian banyak penyebab kesepian.